Memilih Pesaing
Persaingan merupakan hal yang normal terjadi didunia, dengan adanya persaingan menjadi
inspirasi yang kuat sebuah usaha untuk melakukan inovasi dan diferensiasi. Salah satu
analisis memilih pesaing yaitu :
a. Kuat melawan Lemah: Kebanyakan perusahaan menyerang pesaing yang lemah karena
membutuhkan lebih sedikit sumber daya per poin pangsa pasar yang diperoleh.
Perusahaan juga harus bersaing dengan pesaing yang kuat, pesaing yang kuat juga
memiliki kelemahan untuk diserang dan perusahaan dapat membuktikan dirinya sebagai
pesaing yang pantas.
b. Dekat melawan Jauh: Kebanyakan perusahaan bersaing dengan pesaing paling
menyerupai mereka. Chevrolet bersaing dengan ford bukan dengan jaguar.
c. Baik melawan Buruk: Sebuah perusahaan harus mendukung pesaing yang baik dan
menyerang pesaing yang buruk.
Memilih Pemasok
a. Meskipun sedikit mahal, namun memiliki kualitas yang terjamin maka sebaiknya
Anda memilih supplier yang memiliki kualitas yang bagus. Kualitas pemasok
berbanding lurus dengan produk yang akan Anda hasilkan.
b. Pilihlah supplier bisnis yang mampu menyelesaikan pesanan Anda dengan
ketepatan waktu yang bisa dipertanggung jawabkan.
c. perhitungkan dengan cermat hal-hal yang bisa mempengaruhi konsistensi supplier
bisnis seperti jarak, sarana dan prasarana yang dimiliki supplier, dan juga jumlah
tenaga kerja yang mereka miliki
d. Meskipun mungkin ada supplier bisnis yang memiliki kualitas bagus, kemampuan
yang mumpuni dan konsisten, namun harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga
membuat perusahaan tidak sehat, maka sebaiknya jangan diambil.
Menggunakan Teknologi
Perusahaan kecil harus mengembangkan produk dan pasar untuk meraih peluang pasar
sehingga target pasar yang diinginkan tercapai maksimal. Membeli teknologi baru
seperti computer merupakan sumber daya panjang untuk mengembangkan produk
produk baru.
a. Teknologi yang cocok
Sederhana
Teknologi yang dimiliki harus tepat guna dan dapat digunakan sesuai fungsinya.
Efektif
Efektivitas teknologi diniliai dan sebaik apateknologi ini dapat disesuaikan
dengan target pengguna
Tersedia
Sebagian teknologi mungkin untuk tujuan tertentu namun tidak tersedia secara
local.
Fleksibelitas
Teknologi yang diterapkan harus sesuai dengan perubahan jangka panjang
sehingga pengusaha bisa berhemat
Tahan Lama
teknologi yang kita pergunakan harus tetap dipelihara dan diperbaiki
Efisien
Dapat digunakan oleh sumber daya lokal
Ekonomis
Manfaat yang didapatkan dari teknologi tersebut harus lebih besar dari biaya
teknologi tersebut
Dengan jumlah penduduk Indonesia 250 juta dan pengguna Internet yang terus
meningkat, koperasi dan UKM wajib memasuki era perdagangan e-commerce. Dari
segi market, potensi Indonesia sangat besar,.sudah saatnya koperasi dan usaha
kecil menengah di Indonesia melek digital dan memiliki sistem manajemen
keuangan yang baik dan sehat. Bisnis berbasis teknologi informasi ke depan sangat
menjanjikan.
b. Penggunaan teknologi
Kelemahan kita selama ini adalah tidak bisa me-maintain (menjaga) produk dan
pelanggan. Padahal, pada bisnis e-commerce hal itu merupakan salah satu unsur
yang amat penting,
Kelebihan dengan adanya era digitalisasi adalah dapat mempromosikan usahanya,
mengakses informasi faktor-faktor produksi, melakukan transaksi usaha, serta
melakukan komunikasi bisnis lainnya secara global, dalam rangka memperluas
jaringan usahanya.
Pemanfaatan internet memungkinkan UMKM melakukan pemasaran dengan tujuan
pasar global, sehingga peluang menembus ekspor sangat mungkin. Menurut Internet
World States, pada tahun 2005 pemakai internet dunia mencapai angka
972.828.001 (hampir satu miliar), pengguna di Indonesia diperkirakan mencapai 16
juta orang. Jumlah pemakai terbesar di Amerika Serikat dan Kanada, yaitu mencapai
68,2% dari jumlah penduduknya.
Electronic commerce (e-commerce) merupakan konsep yang bisa digambarkan
sebagai proses jual beli barang pada internet atau proses jual beli atau pertukaran
produk, jasa, dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet (Turban,
Lee, King, Chung,200 dalam M. Suyanto 2003;11).
Teknologi bisa meningkatkan daya saing.Apabila TI dapat dikuasai, kelemahan
dapat di atasi. Melalui penerapan teknologi, produktivitas, manajemen serta TI untuk
saluran distribusi bisa dicapai dengan biaya yang lebih rendah.
Thursday 20 October 2016
Memilih Pesaing, Pemasok dan Penggunaan Teknologi dalam usaha
By Lanny Maelanny
Posted at 08:16
Prakarya dan Kewirausahaan
No comments
kewirausahaan, kwu, Memilih Pesaing, Pemasok dan Penggunaan Teknologi, perencanaan usaha, Prakarya dan Kewirausahaan
About the Author
Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9
- Ciri ciri Wirausahawan yang handal dan profesional
- Petunjuk Pengisian Raport
- Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia
- Kepuasan dari perusahaan (stakeholder satisfaction)
- Macam-macam Bidang dan Jenis Usaha
- Prinsip prakarya dan kewirausahaan
- Lingkungan Usaha
- Ruang Lingkup Prakarya dan Kewirausahaan
- Kerangka Perencanaan Usaha
- Memilih strategi pemasaran
Popular Posts
Wikipedia
Search results
About Me
Trending Stories
- Analisis Aspek finansia
- bisnis waralaba
- Cara Memasuki Dunia Bisnis
- cara memulai bisnis
- Ciri ciri Wirausahawan yang handal dan profesional
- ciri-ciri wirausaha
- Faktor pemilihan lokasi usaha
- jenis modal usaha
- jenis-jenis modal usaha
- Kepuasan dari perusahaan (stakeholder satisfaction)
- Kerajinan dan Wirausaha Tekstil
- Kerajinan Tekstil Tradisional
- Kerangka Perencanaan Usaha
- Keuntungan poetensial bagi pengusaha
- kewirausahaan
- Kisi-Kisi UTS KWU Kelas XI
- kredit usaha
- kwu
- lingkungan ekonomi
- Lingkungan Makro
- Lingkungan Mikro
- lingkungan teknologi
- Lingkungan Usaha
- Lokasi usaha menurut jenis usaha
- Macam-macam Bidang dan Jenis Usaha
- MEMBUAT DAN MENYUSUN PERENCANAAN USAHA
- Memilih Lokasi Usaha
- Memilih Pasar yang Sesuai untuk membuka usaha
- Memilih Pesaing
- Memilih strategi pemasaran
- Menganalisis dan Menentukan Strategi Pemasaran
- Mengelola keuangan bisnis
- Mengelola penjualan
- Mengelola Usaha - Mengelola Pegawai
- Mengelola waktu berjalannya bisnis
- Metode Pembelajaran yang efektif
- Pasar potensial bagi pengusaha
- Pemasok dan Penggunaan Teknologi
- pengertian kewirausahaan
- Penilaian hasil belajar
- perencanaan usaha
- persiapan memulai bisnis
- Petunjuk Pengisian Raport
- Prakarya dan Kewirausahaan
- Prinsip penilain kelayakan pinjaman kredit
- ruang lingkup kewirausahaan
- Sumber dana alternative untuk memulai usaha
- Sumber modal usaha
- Tahap-tahap Evaluasi Kelayakan Usaha
- tahapan pada Daur Hidup produk
- Tujuan berwirausaha
Blog Archive
-
▼
2016
-
▼
October
- PENILAIAN HASIL BELAJAR
- Petunjuk Pengisian Raport
- Merancang Program Remedial
- Memilih Pesaing, Pemasok dan Penggunaan Teknologi ...
- Sumber dana alternative untuk memulai usaha
- Mengelola keuangan bisnis
- Mengelola waktu berjalannya bisnis
- Mengelola penjualan produk
- Mengelola Usaha - Mengelola Pegawai
- Faktor yang harus diketahui sebelum mebuat keputus...
- Cara Memasuki Dunia Bisnis
- Prinsip penilain kelayakan pinjaman kredit
- Sumber modal usaha
- Lokasi usaha menurut jenis usaha
- Kepuasan dari perusahaan (stakeholder satisfaction)
- Lingkungan Usaha
- Faktor pemilihan lokasi usaha
- Memilih Lokasi Usaha
- Macam-macam Bidang dan Jenis Usaha
- Memilih Pasar yang Sesuai untuk membuka usaha
- Memilih strategi pemasaran
- Menganalisis dan Menentukan Strategi Pemasaran
- Analisis Aspek finansial
- Mengevaluasi implementasi perencanaan usaha
- Mengimplementasi dan Mengevaluasi Peraencanaan Usaha
- Kerangka Perencanaan Usaha
- MEMBUAT DAN MENYUSUN PERENCANAAN USAHA
- Tujuan berwirausaha
- Ciri ciri Wirausahawan yang handal dan profesional
- Ciri-ciri Wirausaha
- Pengertian Kewirausahaan
-
▼
October
0 komentar: