Thursday 20 October 2016

Prinsip penilain kelayakan pinjaman kredit

By Lanny Maelanny   Posted at  07:42   Sumber modal usaha 1 comment

a. Karakter
Tim penilai akan melihat berbagai hal yang menyangkut kepbadian peminjam seperti
ketulusan, ketajaman berfikir, menepati janji, kesehatan, usia, kebiasaaan, temperamen,
dll
Pada dasarnya penilaian watak digunakan untuk mengetahui sejauh mana keinginan
kreditur untukmengembalikan pinjaman, disamping kemampuan lainnya.

b. Modal
Yang ingin diketahui oleh tim penilai pemberi kredit adalah kecukupan harta pada saat
ini untuk menutupi pinjaman yang telah diberikan di kemudian hari apabila terjadi
sesuatu hal pada bisnis orang tersebut. Biasanya yang diperikasa adallah akte pendirian
usaha dan  perubahannya atau bisa juga dilihat dari perubahan Neraca dan Rugi Laba
dalam beberapa periode tertentu

c. Kemampuan
Beberapa hal yang menjadi perhatian penilai dalam penilaian kelayakan kredit adalah :
 Operasional Usaha
Bagaimana anda mengoperasikan usaha sehingga anda dapat megembalikan
pinjaman dengan tidak mengganggu kegiatan usaha
 Kemampuan membayar
Melihat kemampuan kreditur mengelola keuangan sehingga cicilan pinjaman dapat
terbayar sesuai waktu yang telah ditentukan atau jatuh tempo
 Efisiensi
Mencermati apakah dengan menerima pinjaman aktivitas usaha dapat berjalan
efisien. Jika kegiatan tidak berjalan dengan lancar maka anda akan semakin sulit
dan bahkan mungkin aakan mengalami kebangkrutan karena terlilit cicilan dan
bunganya.
 Kemampuan mendapatkan keuntungan
Tingkat perolehan laba apakah seimbang dengan perolehan keuntungan yang
diharapkan sehingga usaha tersebut dapat berkembang.

d. Kondisi
Dalam beberapa kegiatan usaha  terkadangKondisi menjadi penyebab utama
bangkrutnya suatu usaha. Dalam hal ini tim penilai juga mempertimbangkan aspek :
 Pemasaran yakni perubahan permintaan, daya beli konsumen, tingkah laku
konsumen, barang subtitusi, pesaing dll
 Teknik Produksi yakni adanya perkembangan iptek, produk massal, discount harga,
bahan baku dll.
 Kondisi ekonomi seperti tingkat bunga, pinjaman dengan bunga
lunak,inflasi,ancaman Negara dll
 Kebijakan Pemerintah,Saat ini pemerintah mendukung perkembangan usaha atau
tidak atau adanya kebijakan keuangan yang lain.

e. Jaminan
Jaminan adalah berupa barang barang berharga diluar harta kekayaan lancar
perusahaan seperti bahan baku, bahan penolong, tagihan serta lainya yang dibiayai oleh
kredit.
Yang termasuk dalam jaminan tambahan adalah berupa barang barang antara lain
tanah bangunan perhiasan, deposito baik milik perusahaan maupun milik lain yang
dapat digunakan perusahaan.
Tujuan dimintanya jaminan oleh kreditur adalah untuk menggantikan resiko jika anda
tidak mampu melunasi hutang yang dibebankan kepada peminjam. Disamping itu perlu
pengikatan secara hukum terhadap jaminan diperlukan juga asuransi terhadap jaminan
yang diberikan yang berguna untuk menguragi resiko jika terjadi kehilangan ataupun
kerusakan dan sebagainya.
Adaalternatif lain yang disediakan oleh Pemerintah untuk menanggulangi kesulitan
tersedianya jaminan tambbahan ini dengan cara :
 Memanfaatkan penyisihan laba BUMN untuk pengembangan usaha kecil
 Tersedianya lembaga penjamin seperti Asuransi Kredit Indonesia, Penjamin kredit
Pengusaha Indonesia dll
 Kredit Kelayakan Usaha dll

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

1 comment:

  1. Salam kepada semua yang membaca kesaksian saya !!!

    Nama saya Amirah Fajar dari kota Medan Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua kolega saya di Indonesia yang sedang mencari pinjaman, Anda hanya perlu berhati-hati. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman online karena begitu banyak pemberi pinjaman internet di sini penipu dan mereka hanya berbagi cerita palsu, saya meminta pinjaman sebesar Rp100.000.000 dari seorang wanita di Ghana pada 13 Januari 2020 dan Saya kehilangan uang saya dengan biaya tanpa akhir tanpa mendapatkan pinjaman.

    Jadi pada hari yang setia ini saya baru saja melewati pinjaman blog dan saya menemukan iklan pinjaman tentang ibu Susan yang membantu dengan baik dengan pelanggan lain. Saya menghubungi Ibu Susan beberapa hari setelah pengalaman buruk saya dengan pemberi pinjaman palsu, bisnis saya tersebar dan dalam proses saya harus menjual beberapa aset saya karena bisnis saya hancur dan tidak ada uang sementara saya memohon padanya untuk membantu , tapi saya berhasil mengumpulkan dana. kemudian saya menulis kepada ibu Susan Logan melalui emailnya (susanlogan1975@gmail.com)

    Jadi ketika saya menghubungi (susanlogan1975@gmail.com) Ny. Susan Logan saya mematuhi persyaratan dan ketentuan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan dan bantuan dengan meminjamkan Rp250.000.000 dan setelah menerima banyak permintaan permintaan pinjaman , Saya mendapat verifikasi dari bank saya yang mengatakan rekening bank saya telah dikreditkan dengan Rp250.000.000, pada saat itu ditunjukkan bahwa saya harus pergi ke bank saya untuk memastikan dan uang itu ada di rekening saya.

    Jadi saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia bahwa Ny. Susan Logan adalah pemberi pinjaman asli dan seorang ibu yang baik karena saya adalah wakil kehidupan Bunda Susan Logan, jadi saya menyarankan semua orang Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk mendaftar dengan Nyonya Susan Logan melalui email : (susanlogan1975@gmail.com)

    Sekali lagi nama saya Amirah Fajar, dari kota Medan, di Indonesia, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: amirahfajar1@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

    Semoga Allah memberkati semua orang karena membaca kesaksian saya.

    ReplyDelete

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Kewirausahaan. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.