Thursday 20 October 2016

Memilih Pesaing, Pemasok dan Penggunaan Teknologi dalam usaha

By Lanny Maelanny   Posted at  08:16   Prakarya dan Kewirausahaan No comments

Memilih Pesaing
Persaingan merupakan hal yang normal terjadi didunia, dengan adanya persaingan menjadi
inspirasi yang kuat sebuah usaha untuk melakukan inovasi dan diferensiasi. Salah satu
analisis memilih pesaing yaitu :
a. Kuat melawan Lemah: Kebanyakan perusahaan menyerang pesaing yang lemah karena
membutuhkan lebih sedikit sumber daya per poin pangsa pasar yang diperoleh.
Perusahaan juga harus bersaing dengan pesaing yang kuat, pesaing yang kuat juga
memiliki kelemahan untuk diserang dan perusahaan dapat membuktikan dirinya sebagai
pesaing yang pantas. 
b. Dekat melawan Jauh: Kebanyakan perusahaan bersaing dengan pesaing paling
menyerupai mereka. Chevrolet bersaing dengan ford bukan dengan jaguar. 
c. Baik melawan Buruk: Sebuah perusahaan harus mendukung pesaing yang baik dan
menyerang pesaing yang buruk.

Memilih Pemasok
a. Meskipun sedikit mahal, namun memiliki kualitas yang terjamin maka sebaiknya
Anda memilih supplier yang memiliki kualitas yang bagus. Kualitas pemasok
berbanding lurus dengan produk yang akan Anda hasilkan.
b. Pilihlah supplier bisnis yang mampu menyelesaikan pesanan Anda dengan
ketepatan waktu yang bisa dipertanggung jawabkan.
c. perhitungkan dengan cermat hal-hal yang bisa mempengaruhi konsistensi supplier
bisnis seperti jarak, sarana dan prasarana yang dimiliki supplier, dan juga jumlah
tenaga kerja yang mereka miliki
d. Meskipun mungkin ada supplier bisnis yang memiliki kualitas bagus, kemampuan
yang mumpuni dan konsisten, namun harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga
membuat perusahaan tidak sehat, maka sebaiknya jangan diambil.

Menggunakan Teknologi
 Perusahaan kecil harus mengembangkan produk dan pasar untuk meraih peluang pasar
sehingga target pasar yang diinginkan tercapai maksimal. Membeli teknologi baru
seperti computer merupakan sumber daya panjang untuk mengembangkan produk
produk baru.

a. Teknologi yang cocok
 Sederhana 
Teknologi yang dimiliki harus tepat guna dan dapat digunakan sesuai fungsinya.
 Efektif 
Efektivitas teknologi diniliai dan sebaik apateknologi ini dapat disesuaikan
dengan target pengguna
 Tersedia
Sebagian teknologi mungkin untuk tujuan tertentu namun tidak tersedia secara
local.
 Fleksibelitas
Teknologi yang diterapkan harus sesuai dengan perubahan jangka panjang
sehingga pengusaha bisa berhemat
 Tahan Lama
teknologi yang kita pergunakan harus tetap dipelihara dan diperbaiki
 Efisien 
Dapat digunakan oleh sumber daya lokal
 Ekonomis
Manfaat yang didapatkan dari teknologi tersebut harus lebih besar dari biaya
teknologi tersebut 
Dengan jumlah penduduk Indonesia 250 juta dan pengguna Internet yang terus
meningkat, koperasi dan UKM wajib memasuki era perdagangan e-commerce. Dari
segi market, potensi Indonesia sangat besar,.sudah saatnya koperasi dan usaha
kecil menengah di Indonesia melek digital dan memiliki sistem manajemen
keuangan yang baik dan sehat. Bisnis berbasis teknologi informasi ke depan sangat
menjanjikan.

b. Penggunaan teknologi
Kelemahan kita selama ini adalah tidak bisa me-maintain (menjaga) produk dan
pelanggan. Padahal, pada bisnis e-commerce hal itu merupakan salah satu unsur
yang amat penting,
Kelebihan dengan adanya era digitalisasi adalah dapat mempromosikan usahanya,
mengakses informasi faktor-faktor produksi, melakukan transaksi usaha, serta

melakukan komunikasi bisnis lainnya secara global, dalam rangka memperluas
jaringan usahanya.
Pemanfaatan internet memungkinkan UMKM melakukan pemasaran dengan tujuan
pasar global, sehingga peluang menembus ekspor sangat mungkin. Menurut Internet
World States, pada tahun 2005 pemakai internet dunia mencapai angka
972.828.001 (hampir satu miliar), pengguna di Indonesia diperkirakan mencapai 16
juta orang. Jumlah pemakai terbesar di Amerika Serikat dan Kanada, yaitu mencapai
68,2% dari jumlah penduduknya.
Electronic commerce (e-commerce) merupakan konsep yang bisa digambarkan
sebagai proses jual beli barang pada internet atau proses jual beli atau pertukaran
produk, jasa, dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet (Turban,
Lee, King, Chung,200 dalam M. Suyanto 2003;11).
Teknologi bisa meningkatkan daya saing.Apabila TI dapat dikuasai, kelemahan
dapat di atasi. Melalui penerapan teknologi, produktivitas, manajemen serta TI untuk
saluran distribusi bisa dicapai dengan biaya yang lebih rendah.

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Kewirausahaan. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.