Thursday 20 October 2016

Memilih strategi pemasaran

By Lanny Maelanny   Posted at  07:11   tahapan pada Daur Hidup produk No comments

Setelah memahami strategi perencanaan usaha maka tahap selanjutnya adalah
menentukan tujuan pemasaran. Yang dimaksud dengan tujuan pemasaran
adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan dan
dibeli konsumen .















Sesuai dengan tujuan pemasaran maka dalam kegiatan pemasaran harus diawali dengan
riset pemasaran dengan strategi yang cocok menjual barang dan jasa apa yang bisa
diproduksi. Prinsip dasar pemasaran adalah menciptakan nilai tinggi bagi pelanggan, unggul
bersaing, dan fokus pada pemasaran.Dibawah ini adalah tahapan dalam strategi
pemasaran barang dan jasa.
Untuk menarik konsumen sebaiknya pelajari tentang bauran pemasaran yang terdiri dari
probe (menyelidiki), produk, harga, tempat dan promosi.

1. Probe (menyelidiki) dengan melakukan Penelitian dan pengembangan
Market Driven Strategi adalah strategi yang berorientasi pada pasar, bermula dari
pemahaman tentang pasar dan pelanggan yang membentuk pasar.
Untuk mencapai sebuah orientasi pasar diperlukan fokus terhadap konsumen,
pengetahuan mendalam mengenai pesaing, dan koordinasi di antara berbagai fungsi
bisnis.
Menjadi perusahaan yang berorientasi pasar meliputi membuat perubahan dalam kultur,
proses dan struktur dari piramida organisasi yang tradisional menjadi unit-unit yang
fungsional.


 2. Produk



 Ada 4 tahapan pada Daur Hidup produk yaitu:
 Tahap Perkenalan
Dalam pengembangan produk/jasa baru maka pemilik usaha harus mempertimbangkan
kesederhanaan dari produk yang dijual, rancangan produk menarik konsumen,

mementingkan kebutuhan konsumen,produk menunjukan kreativitas, produk tetap laku
dipasaran dalam jangka waktu lama
 Tahap Pertumbuhan
Setelah produk diterima dipasaran maka konsumen membeli dengan volume banyak
sehingga volume dan keuntungan meningkat. Jika dalam tahap ini terjagi kegagalan
dalam penjualan maka barang tidak akan laku terjual
 Tahap Puncak
Omset penjualan akan semakin meningkat begitu juga dengan profit marginnya. Tetapi
jika pengusaha terlena dalam melakukan penjualan maka akan datang pesaing baru
yang siap menjatuhkan produk yang sudah ada sehingga hasil penjualan menurun.
 Tahap Penurunan
Tahap ini adalah tahap akhir dimana penjualan semakin menurun drastis, sehingga
diperlukan promosi penjualan dengan cara cuci gudang atau diskon. Pada tahap ini
perlu dilakukan inovasi dan perubahan produk dengan cara berinovasi sehingga
konsumen merasa puas.

3. Harga
Harga yang tepat adalah harga yang terjangkau dan paling efisien bagi konsumen,
Menetapkan harga yang tepat memerlukan pilihan seperti fakta dan analisis di lapangan

4. Tempat
Lokasi usaha yang digunakan harus startegis, menyenangkan dan efisien.

5. Promosi
Ada beberapa jenis promosi yang bisa dikalakukan seperti iklan, promosi penjualan,
wiraniaga, direct selling dan humas. Untuk mempertahankan pangsa pasar wirausaha
perlu melakukan langkah sebagai berikut:
 Hargailah dan perhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen
 Kelebihan dan kekurangan produk kita
 Kelemahan dan kelebihan produk pesaing
 Strategi untuk menyerang market leader 

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Kewirausahaan. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.