Setelah memahami strategi perencanaan usaha maka tahap selanjutnya adalah
menentukan tujuan pemasaran. Yang dimaksud dengan tujuan pemasaran
adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan dan
dibeli konsumen .
Sesuai dengan tujuan pemasaran maka dalam kegiatan pemasaran harus diawali dengan
riset pemasaran dengan strategi yang cocok menjual barang dan jasa apa yang bisa
diproduksi. Prinsip dasar pemasaran adalah menciptakan nilai tinggi bagi pelanggan, unggul
bersaing, dan fokus pada pemasaran.Dibawah ini adalah tahapan dalam strategi
pemasaran barang dan jasa.
Untuk menarik konsumen sebaiknya pelajari tentang bauran pemasaran yang terdiri dari
probe (menyelidiki), produk, harga, tempat dan promosi.
1. Probe (menyelidiki) dengan melakukan Penelitian dan pengembangan
Market Driven Strategi adalah strategi yang berorientasi pada pasar, bermula dari
pemahaman tentang pasar dan pelanggan yang membentuk pasar.
Untuk mencapai sebuah orientasi pasar diperlukan fokus terhadap konsumen,
pengetahuan mendalam mengenai pesaing, dan koordinasi di antara berbagai fungsi
bisnis.
Menjadi perusahaan yang berorientasi pasar meliputi membuat perubahan dalam kultur,
proses dan struktur dari piramida organisasi yang tradisional menjadi unit-unit yang
fungsional.
2. Produk
Ada 4 tahapan pada Daur Hidup produk yaitu:
Tahap Perkenalan
Dalam pengembangan produk/jasa baru maka pemilik usaha harus mempertimbangkan
kesederhanaan dari produk yang dijual, rancangan produk menarik konsumen,
mementingkan kebutuhan konsumen,produk menunjukan kreativitas, produk tetap laku
dipasaran dalam jangka waktu lama
Tahap Pertumbuhan
Setelah produk diterima dipasaran maka konsumen membeli dengan volume banyak
sehingga volume dan keuntungan meningkat. Jika dalam tahap ini terjagi kegagalan
dalam penjualan maka barang tidak akan laku terjual
Tahap Puncak
Omset penjualan akan semakin meningkat begitu juga dengan profit marginnya. Tetapi
jika pengusaha terlena dalam melakukan penjualan maka akan datang pesaing baru
yang siap menjatuhkan produk yang sudah ada sehingga hasil penjualan menurun.
Tahap Penurunan
Tahap ini adalah tahap akhir dimana penjualan semakin menurun drastis, sehingga
diperlukan promosi penjualan dengan cara cuci gudang atau diskon. Pada tahap ini
perlu dilakukan inovasi dan perubahan produk dengan cara berinovasi sehingga
konsumen merasa puas.
3. Harga
Harga yang tepat adalah harga yang terjangkau dan paling efisien bagi konsumen,
Menetapkan harga yang tepat memerlukan pilihan seperti fakta dan analisis di lapangan
4. Tempat
Lokasi usaha yang digunakan harus startegis, menyenangkan dan efisien.
5. Promosi
Ada beberapa jenis promosi yang bisa dikalakukan seperti iklan, promosi penjualan,
wiraniaga, direct selling dan humas. Untuk mempertahankan pangsa pasar wirausaha
perlu melakukan langkah sebagai berikut:
Hargailah dan perhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen
Kelebihan dan kekurangan produk kita
Kelemahan dan kelebihan produk pesaing
Strategi untuk menyerang market leader
Thursday, 20 October 2016
Memilih strategi pemasaran
By Lanny Maelanny
Posted at 07:11
tahapan pada Daur Hidup produk
No comments
Related Posts
Kerangka Perencanaan Usaha, kewirausahaan, Memilih strategi pemasaran, pengertian kewirausahaan, perencanaan usaha, tahapan pada Daur Hidup produk

About the Author
Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9
-
Lingkungan Usaha
-
Petunjuk Pengisian Raport
-
Macam-macam Bidang dan Jenis Usaha
-
Ciri ciri Wirausahawan yang handal dan profesional
-
Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia
-
Memilih strategi pemasaran
-
Mengimplementasi dan Mengevaluasi Peraencanaan Usaha
-
Kepuasan dari perusahaan (stakeholder satisfaction)
-
Prinsip prakarya dan kewirausahaan
-
Ciri-ciri Wirausaha
Popular Posts
Wikipedia
Search results
About Me
Trending Stories
- Analisis Aspek finansia
- bisnis waralaba
- Cara Memasuki Dunia Bisnis
- cara memulai bisnis
- Ciri ciri Wirausahawan yang handal dan profesional
- ciri-ciri wirausaha
- Faktor pemilihan lokasi usaha
- jenis modal usaha
- jenis-jenis modal usaha
- Kepuasan dari perusahaan (stakeholder satisfaction)
- Kerajinan dan Wirausaha Tekstil
- Kerajinan Tekstil Tradisional
- Kerangka Perencanaan Usaha
- Keuntungan poetensial bagi pengusaha
- kewirausahaan
- Kisi-Kisi UTS KWU Kelas XI
- kredit usaha
- kwu
- lingkungan ekonomi
- Lingkungan Makro
- Lingkungan Mikro
- lingkungan teknologi
- Lingkungan Usaha
- Lokasi usaha menurut jenis usaha
- Macam-macam Bidang dan Jenis Usaha
- MEMBUAT DAN MENYUSUN PERENCANAAN USAHA
- Memilih Lokasi Usaha
- Memilih Pasar yang Sesuai untuk membuka usaha
- Memilih Pesaing
- Memilih strategi pemasaran
- Menganalisis dan Menentukan Strategi Pemasaran
- Mengelola keuangan bisnis
- Mengelola penjualan
- Mengelola Usaha - Mengelola Pegawai
- Mengelola waktu berjalannya bisnis
- Metode Pembelajaran yang efektif
- Pasar potensial bagi pengusaha
- Pemasok dan Penggunaan Teknologi
- pengertian kewirausahaan
- Penilaian hasil belajar
- perencanaan usaha
- persiapan memulai bisnis
- Petunjuk Pengisian Raport
- Prakarya dan Kewirausahaan
- Prinsip penilain kelayakan pinjaman kredit
- ruang lingkup kewirausahaan
- Sumber dana alternative untuk memulai usaha
- Sumber modal usaha
- Tahap-tahap Evaluasi Kelayakan Usaha
- tahapan pada Daur Hidup produk
- Tujuan berwirausaha
Blog Archive
-
▼
2016
-
▼
October
- PENILAIAN HASIL BELAJAR
- Petunjuk Pengisian Raport
- Merancang Program Remedial
- Memilih Pesaing, Pemasok dan Penggunaan Teknologi ...
- Sumber dana alternative untuk memulai usaha
- Mengelola keuangan bisnis
- Mengelola waktu berjalannya bisnis
- Mengelola penjualan produk
- Mengelola Usaha - Mengelola Pegawai
- Faktor yang harus diketahui sebelum mebuat keputus...
- Cara Memasuki Dunia Bisnis
- Prinsip penilain kelayakan pinjaman kredit
- Sumber modal usaha
- Lokasi usaha menurut jenis usaha
- Kepuasan dari perusahaan (stakeholder satisfaction)
- Lingkungan Usaha
- Faktor pemilihan lokasi usaha
- Memilih Lokasi Usaha
- Macam-macam Bidang dan Jenis Usaha
- Memilih Pasar yang Sesuai untuk membuka usaha
- Memilih strategi pemasaran
- Menganalisis dan Menentukan Strategi Pemasaran
- Analisis Aspek finansial
- Mengevaluasi implementasi perencanaan usaha
- Mengimplementasi dan Mengevaluasi Peraencanaan Usaha
- Kerangka Perencanaan Usaha
- MEMBUAT DAN MENYUSUN PERENCANAAN USAHA
- Tujuan berwirausaha
- Ciri ciri Wirausahawan yang handal dan profesional
- Ciri-ciri Wirausaha
- Pengertian Kewirausahaan
-
▼
October
0 komentar: