Thursday 20 October 2016

Menganalisis dan Menentukan Strategi Pemasaran

By Lanny Maelanny   Posted at  06:59   Prakarya dan Kewirausahaan No comments

Setelah memahami strategi perencanaan usaha maka tahap selanjutnya adalah
menentukan tujuan pemasaran. Yang dimaksud dengan tujuan pemasaran adalah
bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan dan dibeli konsumen.
Sesuai dengan tujuan pemasaran maka dalam kegiatan pemasaran harus diawali dengan
riset pemasaran dengan strategi yang cocok memproduksi barang dan jasa apa yang bisa
dijual dan bukan menjual barang dan jasa apa yang bisa diproduksi. Prinsip dasar
pemasaran adalah menciptakan nilai tinggi bagi pelanggan, uggul bersaing, dan fokus pada
pemasaran.

Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi sebuah usaha :

Langkah 1: Penentuan kebutuhan Pelanggan
Untuk informasi kebutuhan dan keinginan pelanggan segera lakukan riset pasar tentang
produk yang diperlukan, jumlahnya, mutu barang, sasaran konsumen dan kapan akan
digunakan.Dengan melakukan riset pasar maka segmen pasar yang dituju akan tepat
sasaran.

Langkah 2: Memilih Target Pasar
Setelah menentukan kebutuhan pelanggan langkah selanjutnya adalah memilih pasar
sasaran yaitu:
 Pasar Individual
 Relung Pasar
 Segmentasi pasar

Langkah 3: Menentukan strategi dalam bersaing
Jika segmentasi berhasil maka langkah selanjutnya adalah memenuhi permintaan dengan
cara:
 Berorientasi pada pelanggan
 Mengutamakan TQM
 Fokus pada kesenangan , kenyamanan dan kenikmatan
 Konsentrasi pada produk dan proses
 Tepat waktu
 Pelayanan purna jual

Langkah 4: Memilih strategi pemasaran











Sesuai dengan tujuan pemasaran maka dalam kegiatan pemasaran harus diawali dengan
riset pemasaran dengan strategi yang cocok menjual barang dan jasa apa yang bisa
diproduksi. Prinsip dasar pemasaran adalah menciptakan nilai tinggi bagi pelanggan, unggul
bersaing, dan fokus pada pemasaran.Dibawah ini adalah tahapan dalam strategi
pemasaran barang dan jasa.
Untuk menarik konsumen sebaiknya pelajari tentang bauran pemasaran yang terdiri dari
probe (menyelidiki), produk, harga, tempat dan promosi


About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Kewirausahaan. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.