Thursday 20 October 2016

Mengelola waktu berjalannya bisnis

By Lanny Maelanny   Posted at  08:05   Mengelola waktu berjalannya bisnis No comments

Mengelola waktu

Pengelolaan waktu sama dengan memiliki kebiasaan kerja yang baik. Memanfaatkan waktu
sebaik-baiknya berarti mencapai hasil yang maksimal dalam waktu yang disediakan.

Ada beberapa cara untuk melakukanya :
a. Mengetahui target khusus setiap hari. Pastikan anda sudah memahami apa yang ingin
anda capai setiap hari. Sebelum tiba,atau sesampainya Anda di tempat kerja, buatlah
daftar target kerja Anda berdasarkan kepentinganya. Motivasi diri. Bisasnya, pengusaha
adalah seseorang yang bermotivasi tinggi dan senang bekerja tanpa memandang apa
yang mereka kerjakan. Sebagian besar masyarakat mampu mencapai target yang sama
dengan apa yang mereka ingin kerjakan. Namun pengusaha mampu memotivasi diri
sendiri untuk memperoleh hasil yang tinggi dalam pekerjaan yang harus mereka
lakukan. 

b. Menetapkan batas waktu (deadline). lebih banyak pekerjaan yang dapat Anda kerjakan
bila Anda membuat batas waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Tetapi
pastikan bahwa batas waktu tersebut realistis. Setelah batas waktu tersebut ditetapkan,
Anda harus melakukan segala upaya untuk memenuhi batas waktu tersebut.

c. Menggunakan telepon. Telepon/ponsel adalah saluran komunikasi yang utama antara
Anda dengan dunia pekerjaan Anda. Surat kadang-kadang diperlukan , tetapi gunakan
surat seminim mungkin. Masalah dapat diselesaikan secara lebih cepat dengan
menggunakan telepon/ponsel. Surat hanya menyediakan komunikasi satu arah
sedangkan percakapan melalui telepon bersifat komunikasi dua arah.

d. Membuat catatan. Bawalah buku catatan setiap saat. Menulis poin-poin utama
memberikan catatan tetap tentang rapat panitia, percakapan telepon, diskusi dengan
pegawai atau klien, atau hanya sebagai pengingat. Catatlah semua pendapat dan
saran-saran Anda dan catatlah temu janji di masa mendatang, hal-hal yang perlu
dilakukan, nama dan nomor telepon.

e. Jangan  kerjakan semuanya. Pepatah lama mengatakan:”jika Anda ingin mengerjakan
sesuatu,mintalah orang sibuk melakukanya”.pengusaha sibuk, tetapi tindakan mereka
ada maksudnya. Mereka hanya berkonsentrasi pada kegiatan-kegiatan tersebut untuk
mencapai hasil yang signifikan. Bersikaplah selektif dalam hal kegiatan kerja; cobalah
untuk tidak mengerjakan semuanya sekaligus. Belajarlah untuk mengatakan “tidak”
untuk kegiatan-kegiatan yang memakan waktu lama dan tidak terkait langsung dengan
targer-target yang diprioritaskan.

f. Bekerja dalam waktu yang ditentukan. cobalah untuk mengerjakan tugas utama dalam
waktu yang telah ditentukan (tiga atau empat jam) selama jam kerja yang Anda anggap
paling efektif. Aturlah jadwal kegiatan-kegiatan lain di luar jadwal tadi. Jika jadwal waktu
tersebut berlangsung hingga jam makan siang, maka sarapanlah yang agak banyak dan
tidak usah makan siang. Bekerja tanpa gangguan selama tiga atau empat jam adalah
sangat produktif bila menghadapi masalah atau situasi yang khusus. Walaupun mungkin
sulit meluangkan waktu untuk melakukan suatu kegiatan, namun ini sering menjadi satusatunya
cara untuk memecahkan masalah tertentu.

g. Ajukan pertanyaan sebelum memulai bekerja. Hampir semua jenis pekerjaan dapat
dikerjakan secara lebih efisien. Sebelum mulai bekerja, pastikan Anda sudah menjawab
pertanyaan seperti: apa?Dimana?Kapan?Siapa ?mengapa? Jawaban dari pertanyaanpertanyaan

ini akan membantu Anda mengidentifikasi cara yang lebih efisien untuk
menyelesaikan pekerjaan tersebut. Untuk setiap langkah dalam sebuah kegiatan, tanya
diri sendiri: “mengapa saya perlu melakukan ini? jawaban Anda akan membantu Anda
menentukan tugas-tugas yang paling penting dan kegiatan tersebut. 




h. Berorientasi pada tindakan. Setelah Anda memutuskan untuk memecahkan suatu
masalah, susunlah urutan tindakan Anda lalu kerjakan. Setelah Anda mulai bekerja,
cobalah menyelesaikan pekerjaan sebanyak mungkin. Orientasi tindakan ini akan
membantu anda agar tidak khawatir bila menghadapi satu masalah. Disamping itu, jika
Anda menganggap setiap masalah sebagai peluang untuk melakuan peningkatan, maka
Anda akan lebih memahami cara-cara yang inovatif dan kreatif untuk memecahkan
masalah tersebut.

i. Bersikap reflektif. Berpikir secara reflektif adalah upaya untuk belajar darikegiatankegiatan
yang dilakukan masa lalu, masa kini dan masa depan. Banyak orang tidak
terlalu memikirkan apa yang mereka kerjakan, sehingga mereka sulit menemukan waktu
untuk bersikap reflektif. Namun ada waktu dimana Anda perlu sendirian dan
berkembang dengan pikiran dan ide Anda, misalnya sebelum tidur; sewaktu dalam
perjalanan; menunggu angkot; atau berjalan sendirian. Gunakan waktu-waktu ini untuk
merefleksikan pekerjaan Anda.

j. Menyusun rencana esok secara terperinci. Diakhir hari kerja, buatlah jadwal untuk
kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan esok harinya. Anda mungkin dapat mengerjakan
satu kegiatan, sehingga esok harinya Anda tidak terlalu sibuk. Akhir hari kerjanya adalah
juga waktu yang baik untuk meneliti hal-hal yang membuat waktu Anda terbuang atau
tidak digunakan secara efesien. Catatlah hal-hal yang membuang waktu Anda ini dan
janganlah melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari.

k. Belajar dari pengalaman anda. Kajilah pengalaman anda dimasa lalu agar data
membantu Anda menentukan mana yang menarik dan produktif dan mana yang
membosankan, butuh waktu yang lama dan tidak produktif. Anda akan menghadapi
pengalaman yang sama di masa mendatang, dan terserah Anda untuk memilih hanya
kegiatan-kegiatan yang paling penting dan produktif.

 

About the Author

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.
View all posts by: BT9

0 komentar:

Back to top ↑
Connect with Us

What they says

© 2013 Kewirausahaan. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.